Senin, 19 November 2012

Cara Menggunakan Payung yang Baik dan Benar

Musim penghujan telah tiba. Sudah dipastikan jalanan akan selalu basah baik pada pagi hari hingga malam hari. Apa lagi yang dibutuhkan oleh pengguna jalan kalau bukan : payung. Secara tidak mungkin juga jikalau kau menggunakan kendaraan umum tapi menggunakan jas hujan. Selain tidak efisien setelah penggunaanya harus dilipat kembali, jas hujan tidak terlalu mengalami perubahan yang besar dalam design jika meninjau kekerenan di jaman seperti sekarang ini. Meskipun tersedia jas hujan yang sekali pakai, tetap saja jas hujan tidak tampak bagus dipakai dalam kondisi berjalan kaki sambil mencari bus kota.

Lain halnya dengan payung. Meskipun tidak menutup seluruh anggota tubuh saat digunakan dan seringkali kita tetap basah kuyub saat menggunakannya, payung tetaplah jadi favorite kebanyakan masyarakat. Ditunjang dengan design yang semakin variatif, payung punya andil yang besar saat musim hujan.

Ya, walaupun kita tahu berdasarkan fungsinya, payung itu terbagi dua untuk musim panas dan musim hujan, akan tetapi kebanyakan masyarakat menggunakan satu jenis payung tertentu untuk berbagai musim yang sedang berlangsung. Sebenarnya kedua jenis payung tersebut memiliki beda untuk beberapa hal seperti bahan dasarnya dan designnya (payung untuk musim panas lebih ceria dan memiliki banyak hiasan biasanya dan lebih ke arah fashion), banyak orang yang menggunakan payung untuk cuaca panas digunakan saat musim hujan. Alhasil, payung yang memang di design untuk tidak menahan badai dan derasnya air hujan, bisa langsung porak poranda setelah digunakan beberapa jam.

Namun, terlepas dari kedua fungsinya sebagai payung panas atau payung hujan, sebagai manusia yang berakal dan berotak manusia hendaknya kita tahu bagaimana cara menggunakannya. Semua orang pasti akan mengatakan betapa mudahnya menggunakan payung hingga tidak perlu repot-repot orang harus mengentri didalam blog mereka. Tapi ini penting! Setidaknya untuk kalian yang ingin kepalanya tetap utuh dan selamat!

Tentu kita semua sudah tahu bagaimana cara membuka payung dengan Benar bukan? Cukup tekan bagian kecil digagangnya, wuush. Payung akan otomatis terbuka atau bisa saja jika payung kalian cukup klasik, tombol digagangnya tidak otomatis tapi diseret keatas agar payung bisa mekar. Bisakah kalian menggunakannya? Tentu saya yakin semua sudah pintar menggunakan payung dengan Benar. Tapi tunggu. Jika kalian Benar menggunakan payung, apakah kalian sudah menggunakannya dengan Baik?

Coba saja dilakukan survei dan kita pasti akan terkejut karena bukti lapangan yang sudah saya amati, rata-rata manusia tidak tahu bagaimana menggunakan payung dengan BAIK! Lihat saja mereka yang lalu lalang di trotoar saat berdesakan mencari bus yang menuju ke arah rumah mereka. Apakah mereka menggunakan payung mereka dengan BAIK? TIDAK! Mungkin hanya segelintir tapi kebanyakan dari mereka : p-a-y-a-h.

Yah, BAIK adalah sesuatu yang keliatan mudah tapi sebenarnya sulit. Baik itu merujuk kepada karakter positif. Lantas apa kaitannya payung dengan Baik? Tentu sangat erat kaitannya. Sebab banyak sekali mereka yang menggunakan payung tidak menggunakan payung mereka secara Baik. Mereka membiarkan saja kembang payung yang lebar itu mengenai kepala orang-orang yang berada didekat mereka! Tanpa permisi atau meminta maaf, mereka tabrak saja kepala-kepala tak bersalah itu dengan payung mereka yang lebar.

Oke, sudah pahamkan maksud Baik yang saya tulis di Blog ini? Sebagai manusia yang beradab ada baiknya kalau semua orang mengerti bahwa menggunakan payung juga memiliki Seni tersendiri seperti saat anda meminum teh di Jepang. Memakai payung secara Baik dan Benar adalah ketika anda menggunakannya demi kepentingan anda tanpa pernah merugikan kepala siapapun yang berada didekat anda. Hukum karma pasti berlaku, begitulah dunia berbicara. Siapa yang menanam itulah yang menuai. Jika anda tidak ingin kepala anda hilang, jangan hilangkan kepala orang lain. Mungkin begitulah peribahasa yang cocok untuk renungan ini.

note: habis jadi korban payung makanya langsung tulis disini :D ingat menggunakan payung dengan BAIK dan BENAR yah! Semoga bermanfaat!

1 komentar:

Putri Nur Afifah mengatakan...

Pabrikjamdinding.com barang promosi order seluruh Indonesia