Kamis, 31 Januari 2013

Sekilas Info BB Cream

Eh elo pake BB Cream, yah?
Hah, apa? Blackberry Cream? Keluaran terbaru yah dari RIM? Yang gue tahu itu BB Onyx, Dakota, Torch,...
BUKAN!!!!!

Mungkin teman-teman pernah dengar sekilas tentang sebutan BB Cream. Kayaknya kalau jaman sekarang enggak pernah denger tentang BB Cream, kalian mesti banyak-banyak baca buku atau browsing di internet. Jangan sampai disangka Blackberry betulan.

BB Cream yang saya maksud adalah Blemish Balm Cream atau Beauty Balm Cream adalah sejenis cream wajah yang digunakan oleh para artis korea atau wanita-wanita sebagai krim sehari-hari bahkan para pria juga menggunakan BB Cream sebagai krim penghalus wajah. Untuk info lebih jauh bisa klik di sini SEJARAH BB CREAM.

Di Indonesia, BB Cream juga lagi nge-trend. Entah karena pengaruh Korean Wave atau memang BB Cream sudah in duluan, saya sendiri kurang tahu. Sebab awalnya saya kurang peduli sama make-up yang satu ini. Tapi, karena kebetulan saya bekerja di sebuah Bank Korea dan salah satu teman saya ini di kirim ke Korea Selatan untuk mengikuti sebuah training, doi heboh sama BB Cream dan tanya-tanya siapa aja yang mau nitip BB Cream di sana.

Saya awalnya tidak berani mencoba produk tersebut. Meski melihat kenyataan artis-artis korea mulus habis bahkan laler pun bisa kepleset, saya tetep kekeuh dengan pendirian untuk pakai bedak three-way-cake untuk make-up ke kantor. Namun, berhubung saya pernah kena cacar air pada 2010 silam dan karena cacar saya harus menggunakan obat dokter untuk menghilangkan bekasnya. Otomatis setelah saya berhenti menggunakan obat dokter, muka saja jadi ada jerawat-jerawat kecil-kecil. Saya sering garuk-garuk atau kopek-kopek bahasa slang-nya, alhasil ada banyak bekas jerawat di sana-sini. Dan untuk menyelesaikan problem menutupi bekas jerawat itu tidak cukup pakai bedak.

Saya pikir BB Cream import dari Korea langsung itu pasti harganya selangit. Akhirnya saya memutuskan untuk membeli BB Cream di Indonesia tapi made in Korea juga -_____- dan ternyata harganya jauhhhhh lebih mahal!!

Saya ini orang suka coba-coba. Tidak begitu saja percaya sama kabar burung yang beredar soal BB Cream, maka saya putuskan untuk membeli beberapa produk BB Cream. Untuk mengetahui mana yang lebih cocok untuk kulit saya. Berikut beberapa hasil observasi saya terhadap BB Cream.




Ini adalah BB Cream pertama saya yang saya beli karena harganya lumayan terjangkau diantara BB Cream yang lain. Ditambah saya punya member card The FaceShop jadi lebih murah lagi. Awalnya saya ragu pakai produk Faceshop lagi. Pasalnya, dulu untuk mengobati bekas cacar saya pakai produk keluaran Faceshop yang memiliki kandungan Hydra. Kata mbak-mbaknya sih bagus dan kandungan airnya tinggi jadi bisa bikin muka kenyal. Tapi, nyatanya? Toeeeng.. Muka saya jadi hitam dan bekas cacarnya cuek aja nempel di muka saya. Maka dari itu Faceshop sudah blacklist dari daftar saya. Namun, berhubung saya penasaran sama BB Cream jadi saya coba produk yang paling murah meriah saja.
Ternyata harga memang enggak pernah bohong dan sejak awal juga mbak-mbaknya bilang kalau BB Cream ini enggak meng-cover bekas jerawat jadi artinya bekas-bekas jerawat saya enggak akan ketutup sempurna. Berhubung saya masih lugu dan mungkin telmi, jadi saya pikir yah namanya juga BB Cream. Walaupun enggak bisa meng-cover tapi pasti bisa bikin kinclong juga.



Hasilnya?
Wah enggak lagi-lagi deh. Meskipun tertera disitu ada kandungan SPF 20 PA++, BB Cream Lovely ME:EX memang enggak cocok di muka saya! Entah kulit saya itu kayak kulit badak yang enggak pernah mempan pakai produk Faceshop atau memang Faceshop-nya yang memang enggak cocok di muka saya. Pakai BB Cream ini hanya seperti pakai bedak yang ada kandungan foundation-nya tapi dibasahin. Bisa dibayangin? Wajah saya jadi klimis-klimis enggak jelas dan menggumpal. Belum lagi warnanya yang enggak cocok sama skin tone saya, jadi makin aneh aja. Untuk saya pribadi sih enggak cocok pakai BB Cream ini dan sempat teman saya juga coba, siapa tahu di muka dia bagus. Tapi, toooeengg... Ternyata enggak juga. Malah jadi cokelat kayak habis tanning. Pokoknya saya enggak saranin untuk pakai BB Cream Lovely ME:EX, tapi kalau kalian memang penasaran sih enggak apa-apa, coba saja, biar bisa membuktikan langsung. Bagus syukur, kalau ancur ya syukurin. Hahaha.
Info Lainnya
Nama Produk   Lovely ME:EX Faceshop
SPF    20 PA++
Meng-Cover Bekas Jerawat/Tidak    Absolutely NO!
Ukuran  40 ml
Harga   Setelah discount member 20% jadi Rp. 103,000.-
Warna   Hanya satu warna Natural


Setelah gagal mencoba BB Cream yang pertama, saya tidak patah semangat dalam menjelajahi rasa penasaran saya. Dua hari kemudian, saya beli produk Korea lainnya keluaran ETUDE HOUSE yang pangsa pasarnya di Indonesia cukup happening. Bisa di lihat tokonya pasti nangkring di mall-mall. Seandainya enggak ada toko khusus, pasti masuk di matahari, dll.
Denger-denger dari banyak orang sih, Etude House bagus dan produknya cukup oke. Mengambil konsep princess yang lucu-lucu dan bikin gemes, memang cara marketing yang pas banget untuk menggaet pembeli macam saya yang suka latah untuk ngeborong karena alasan barang yang lucu-lucu. Alhasil saya akhirnya kena bujuk rayu mbak-mbaknya yang manis banget kayak gula Jawa untuk jadi member di sini  setelah pembelian 500 ribu rupiah berupa BB Cream dan Bedak Muka.





Hasilnya?
BB Cream ini better ketimbang yang sebelumnya! Daya cover-nya bisa diacungi jempol. Bekas-bekas jerawat saya tertutup dengan sempurna dan dikulit saya terlihat sempurna seperti asli. Cuma sebagus-bagusnya produk, masih ada kekurangannya. Kulit saya jadi tampak berminyak padahal jenis kulit saya tidak berminyak. Meskipun begitu saya bisa mengakali dengan bedak padat Etude House yang saya beli juga. Secara keseluruhan, BB Cream ini okelah untuk saya pribadi.
Info Lainnya
Nama Produk        Precious Mineral
SPF                        30/PA++
Meng-Cover Bekas Jerawat/Tidak     Cukup Mengesankan!
Ukuran                   60 ml
Harga                     Rp. 378,000
Warna                    Beberapa Pilihan Warna

Selain BB Cream-nya, saya juga ingin mengulas yang berkaitan dengan BB Cream dari Etude House.






Dari namanya, saya pikir ini adalah bahan untuk memasak, Baking Powder, tapi ternyata ini adalah sabun muka khusus BB Cream. Sabun ini saya beli sebagai hadiah dari cash back menjadi member di Etude House. Jadi seolah-olah saya tidak mengeluarkan uang tunai untuk sabun muka ini dan saya bisa menikmati produknya. Baking Powder BB Deep Cleansing Foam ini memiliki scrub yang relaif kecil namun mampu membersihkan BB Cream dengan cepat. Bau lemonnya membuat wajah jadi harum tapi sayangnya sabun muka ini tidak ada kandungan whitening jadi tidak bisa dipakai kapanpun. Lagipula saya pernah beberapa kali mencoba pakai sabun ini saat sedang tidak menggunakan BB Cream, hasilnya kulit saya malah jadi kering. Saya sarankan sih sabun ini, seperti namanya BB Deep Cleansing Foam, dipakai kalau kita lagi pakai BB Cream saja. Sebab scrub-nya mampu membersihkan BB Cream di wajah secara maksimal.
Info Lainnya
Nama Produk         Baking Powder BB Deep Cleansing Foam
Ukuran                   ± 150 ml
Harga                     Rp. 208,000


SHINI STAR CLEAR PACT




Bersama Precious Mineral BB Cream, saya membeli bedak padat ini agar menjadi member Etude House. Ukurannya mini dan lucu jadi saya tertarik selain karena harganya yang terjangkau dan juga bedak saya habis waktu itu. Kata mbak-mbaknya sih bedak ini termasuk ke dalam keluarga BB Cream Shini Star. Karena daya cover BB Cream Shini Star yang kurang kuat di banding Precious Mineral, jadi harus menggunakan bedak. Berhubung saya mau BB Cream yang meng-cover dan kalau tidak pakai bedak juga tidak masalah, jadi saya beli bedak ini hanya karena ingin jadi member Etude House. Bedak hanya berfungsi mengurangi minyaknya saja dan kalau BB Cream-nya warna light pakai bedaknya yang agak gelap biar balance.
Jujur saja, bedak ini sama sekali tidak berguna sebagai bedak betulan. Fungsinya seperti 'penggembira' saja. Ada yah boleh, tidak ada juga tidak masalah. Bedak ini hanya bisa menutupi minyak karena BB Cream tapi itu juga hanya bertahan beberapa saat saja.
Info Lebih Jauh
Nama Produk                    Shini Star Clear Pact
Ukuran                               ± 10 gr
Harga                                 Rp. 188,000


SILKY GIRL MAGIC BB CREAM
Ini adalah BB Cream ketiga yang saya beli. Berhubung Precious Mineral sedang dipinjam oleh tante saya, jadi saya beli BB Cream ini hanya karena mendesak. Saya sengaja membeli BB Cream buatan lokal karena selain mengingat harga yang bersahabat juga karena saya ingin mencoba produk dalam negeri. Katanya, BB Cream dari SilkyGirl ini cukup bagus diaplikasikan di wajah.




Hasilnya?
Kalau dilihat fungsinya yang All-In-One, tampaknya BB Cream ini sangat memuaskan. Tapi, kenyataannya di kulit saya nampak tidak sehebat itu. Meskipun meng-cover tetap saja bekas hitam pada jerawat kurang mampu ditutupi. Dan ketika digunakan, wajah saya tampak kegerahan akut, entah karena apa. BB Cream ini bagusnya digunakan di ruangan ber-AC karena kalau dipakai untuk outdoor malah tampak menggumpal. Namun, untuk yang baru mau coba-coba BB Cream sih, SilkyGirl lumayan oke.
Info Lainnya
Nama Produk       Magic BB Cream
SPF                       30/PA++
Meng-Cover Bekas Jerawat/Tidak     Lumayan Oke!
Ukuran                  40 ml
Harga                    Rp. 59,000
Warna                   2 pilihan warna (Natural dan Light)


Ini adalah BB Cream gratisan pertama saya. Waktu teman kantor saya ke Korea, saya merengek minta dibawakan oleh-oleh berupa BB Cream. Dia membawakan BB Cream ini, keluaran Nature Republic. Saya tidak tahu harganya kalau di Indonesia, cuma kalau cek disini Korea Depart bisa kelihatan harganya berapa.
Untuk tampilan BB Cream-nya cukup oke. Simple dan classy design tempatnya. BB Cream ini terbuat dari bunga-bunga jadi harum dan teksturnya juga lembut.



Hasilnya?
Saya tidak tahu apakah produk dari Korea yang dijual di Indonesia terdapat perbedaan jika kita beli di Korea langsung. Saya juga tahu kalau mungkin merek Nature Republic ini memang bagus. Yang jelas, BB Cream ini yang paling cocok untuk saya  diantara BB Cream lain yang saya pernah coba. Padahal Etude House Indonesia produknya import dari Korea, tapi Nature Republic yang dibeli langsung di Korea ini better! Kulit wajah saya jadi tampak dewy tapi tidak glossy. Bekas jerawatpun tertutup sempurna serta tidak terdapat penumpukan minyak kalau sudah dipakai lama. Dibawah terik mataharipun tidak jadi menggumpal dan justru semakin menyatu. Hanya saja jangan mengaplikasikannya bersamaan dengan bedak yang mengandung foundation sebab jika dibawah terik matahari malah akan terlihat sangat putih dan tidak alami.
Info Lainnya
Nama Produk                        By Flower BB Cream
SPF                                        35/PA++
Meng-Cover Bekas Jerawat/Tidak     Recommended!
Ukuran                                  35 ml
Harga                                      -
Warna                                      -



Well,
Setelah membaca beberapa review diatas, teman-teman mungkin bisa pikir-pikir dahulu sebelum membeli. Sebab bukan bermaksud menjelek-jelekkan suatu produk, cuma kita sebagai konsumen harus pintar-pintar dalam memilih produk yang kita gunakan. Iklan dan taktik marketing itu luar biasa mendoktrin kita untuk konsumtif tapi kembali lagi pada kecocokan. Tidak semua produk yang kelihatannya bagus dan mahal itu cocok di semua kulit penggunanya. Mencoba boleh-boleh saja tapi alangkah lebih baik jika kita bertanya-tanya dahulu sebelum mencoba langsung.

Saran saya sih, lebih bagus itu tidak menggunakan BB Cream sebab tampil alami itu lebih menyehatkan buat kulit kita. Tetapi, jika kalian memang memiliki masalah kulit seperti bekas jerawat yang tidak kunjung hilang (seperti saya) dan memiliki pekerjaan yang mengharuskan bertemu orang banyak (seperti saya juga) ada baiknya memang meng-cover kulit kalau sedang bermasalah. Namun, hanya untuk sementara bukan seterusnya. Sebab BB Cream nyatanya tidak bisa membuat berbagai masalah seperti jerawat, bintik hitam, pori-pori membesar, hilang. BB Cream hanya bertugas meng-cover sementara, setelah kita cuci muka maka kulit asli kita pun akan terlihat. Jadi semua iklan tentang BB Cream yang KATANYA bisa bikin wajah mulus kayak bintang Korea adalah BOHONG.

Ketimbang kita jadi ketergantungan terhadap produk kimiawi, lebih baik jika kita kembali ke alam untuk menjaga kulit. Seperti : banyak konsumsi sayuran, buah, minum air putih, serta cukup tidur dan olahraga atau meditasi, sejatinya dapat membuat kita rileks sehingga metabolisme tubuh akan bekerja dengan baik. Jika tubuh bekerja dengan baik maka akan menghasilkan perasaan tenang dan bahagia sehingga kulit pun akan terlihat cerah.

Sekali lagi, menggunakan produk komestik sah-sah saja. Asalkan tidak ketergantungan seperti banyak perempuan-perempuan jaman sekarang. Kalau memang perlu masker wajah, kita bisa saja menggunakan lidah buaya, madu, yogurt asli, atau alpukat dll ketimbang pakai masker-masker bungkusan yang kita beli di supermarket dengan brand-brand mahal. Selain hemat, kita juga tidak tergantung pada bahan-bahan kimia. Lagipula, Cherrybelle bilang, cantik itu dari hati. Ya, kan?