Sabtu, 05 Januari 2013

Ucapan Tahun Baru

Hidup adalah proses. Bukan tujuan akhir yang dikejar tapi proses yang terjadi setiap harinya adalah kehidupan yang sebenarnya. Namun, manusia sering lupa dan hanya berfokus pada hasil akhir. Padahal jika kita menikmati prosesnya, kita akan menikmati hidup sebagaimana adanya. Tanpa kecewa atau terlalu bahagia, hidup itu indah sebagaimana adanya. Begitulah, kira-kira kata orang bijaksana.

Dan memang benar adanya. Jika kita lapar, maka kita makan. Ada proses disana yang kemudian membawa kita kepada keadaan selanjutnya, yaitu kenyang. Dan kenyangpun tidak juga berakhir abadi, kenyang akan membawa kita kepada keadaan lain lagi yaitu, lapar. Begitu seterusnya. Itu yang namanya proses dan semesta ini ada karena proses.

Beberapa hari yang lalu kita semua merayakan sebuah perayaan yang dirayakan oleh seluruh manusia diberbagai belahan dunia. Kembang api mendominasi langit gelap diatas, makanan berlimpah dihidangkan, bir-bir dan juga berbagai jenis minuman beralkohol ataupun tidak beralkohol tersedia, semua orang gembira dalam gegap gempita. Apalagi yang dirayakan dengan meriah kalau bukan pesta Tahun Baru?

Selamat Tahun Baru untuk kalian semua peselancar dunia maya! Pengguna blogger atau hanya pembaca saja, para stalker dan bahkan secret admirer yang senantiasa melihat isi blog ini tanpa meninggalkan komentar! Semoga tahun ini lebih baik ketimbang tahun lalu. Tentunya dengan kepastian kalian juga melakukan beberapa perubahan yang lebih baik dihidup kalian. Karena segala harapan dalam Tahun Baru untuk membuat rencana hidup kalian terwujud hanya bisa direalisasikan oleh apa yang kalian lakukan.

Tahun baru adalah salah satu wujud dari sebuah kenyataan proses yang tengah terjadi dikehidupan. Perayaan dan pesta hanyalah pelengkap cerita. Makna yang nyata adalah ketika kita mampu berlaku lebih baik dan bermanfaat bagi diri sendiri maupun kepentingan kolektif setiap harinya, setiap saat proses dalam kehidupan. Lantas, mengapa harus merayakan Tahun Baru dengan meriah?

Tapi adapula orang-orang yang merayakan Tahun Baru dengan cara mereka berdiam diri. Menyatu dengan semesta, duduk bersila, meditasi. Mengamati nafas dan menjernihkan pikiran tampaknya bukan pilihan bagi banyak orang. Sebab kebanyakan manusia memilih 'bersenang-senang' dengan hura-hura.

Apapun yang kalian telah lakukan, lakukanlah tanpa menyesal! Sebab menyesal hanya akan menghadirkan kebencian pada diri sendiri dan orang lain. Jadi nikmati saja semua yang telah terjadi, apapun itu. Termasuk untuk pesta semalam suntuk yang menyenangkan. Namun, setelah itu pikirkanlah resolusi panjang cerita kehidupan tahun ini. Yang kemarin galau karena cinta, semoga memiliki kekuatan menghadapi permasalahan cinta. Yang kemarin tidak punya pekerjaan, semoga tahun ini memiliki kesempatan untuk bekerja. Yang memiliki problematika di keluarga, semoga tahun ini bisa menapaki kehidupan rumah tangga yang lebih baik. Intinya cuma satu, nikmati prosesnya, apapun itu. Setelah itu cari jalan keluar dengan pikiran yang tenang. Lewat cara itu kita semua bisa bahagia apa adanya :)



-yang bercerita-
Selamat Tahun Baru
050113

Tidak ada komentar: